Senin, 04 Maret 2013

Pengertian Web Blog (Blog)

 I. Pengertian Blog (Web Blog)
     Blog merupakan singkatan dari web blog. Yaitu adalah suatu aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai diposting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi yang baru terlebih dahulu baru isi yang lama berikutnya), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet yang sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

II. Jenis-jenis Blog (Web Blog)
Berikut adalah jenis-jenis blog yang sering dapat kita temui, diantaranya :
- Blog politik = Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye)
- Blog pribadi = Biasa juga disebut sebagai buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, dll.
- Blog bertopik = Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
- Blog pendidikan = Blog yang biasa dibuat oleh guru ataupun seorang murid.
- Blog agama = Membahas tentang masalah agama.
- Dll.

III. Sejarah Perkembangan Blog (Web Blog)
     Media blog pertama kali di populerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PhyraLab diakusisi oleh Google.com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang di peruntukan kepada perkembangan para penulis blog.
     Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Banyak juga web blog yang  memiliki fasilitas interkasi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu, dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun ada juga yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.


Referensi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar