Minggu, 03 Maret 2013

Hotel Education

Hal-hal yang dilakukan sebagai petugas "Room Attendant" dalam mempersiapkan kamar untuk tamu, yaitu :
1. Mempersiapkan trolley yang akan digunakan dalam membersihkan kamar.
benda-benda yang diisi didalam trolley adalah :
- Cleaning Item
- Linen&Towel
- Guest Supplies&Guest Amenities

2. Melihat status kamar yang akan dibersihkan melalui "worksheet" yang kita terima sebelum nya dalam "briefing" di pagi hari.
macam-macam status kamar, yaitu :
- VD = Vacant dirty (Kamar check out)
- VC = Vacant clean (Kamar yang sudah tidak ada tamu didalam nya dan sudah di bersihkan oleh petugas "room attendant"
- VR = Vacant ready (Kamar yang sudah tidak ada tamu didalam nya, sudah dibersihkan oleh petugas "room attendant", lalu sudah diperiksa oleh petugas Supervisor untuk kebersihannya, dan sudah siap dijual kembali)
-  OD = Occupied dirty (Kamar yang terdapat tamu didalam nya, dan belum dibersihkan kamar nya oleh petugas "room attendant")
- OC = Occupied clean (Kamar yang terdapat tamu didalam nya, dan sudah dibersihkan kamar nya oleh petugas "room attendant")
- SO = Sleep out (Kamar yang terdapat tamu didalam nya tetapi tamu nya tidak tidur didalam kamar nya tersebut)
- OO = Out of order (Kamar yang tidak dijual kepada tamu karena sedang dalam maintenance progress)
- House use (Kamar yang diisi oleh staff hotel yang memang diizinkan untuk tinggal di hotel tersebut karena alesan tertentu)
- Day use (Kamar yang diisi oleh tamu pada hari itu dan nanti nya akan chek out pada hari itu juga)
- Dll.

3. Memulai pembersihan kamar, dengan sebelum nya mengetuk pintu kamar yang akan dibersihkan sebanyak 3 kali, dengan mengucapkan greeting serta memberitahukan identitas department kita.
 contoh greeting nya : "Housekeeping" ... "Housekeeping"... "Housekeeping"... , Morning Housekeeping

4. Buka pintu kamar, lalu perkenalkan identitas diri kita. Dan meminta izin membersihkan kamar tersebut jika diperbolehkan.

5. Buka curtain yang ada dikamar tersebut dan nyalakan semua lampu yang ada di kamar tersebut.

6. Jika diperbolehkan, mulailah dengan men-stripping sampah yang ada di bagian kamar tempat tidur lalu yang terdapat pula di bagian kamar mandi.

7. Setelah selesai men-stripping semua sampah yang terdapat dalam kamar tersebut, mulailah untuk melakukan "bedding" atau biasa disebut "making bed".
Hal-hal yang diperhatikan untuk sheet atau sprai yang digunakan dalam "making bed" :
- Sheet harus bebas dari spot atau noda-noda yang ada.
- Sheet harus bebas dari lecek atau kusut.
- Sheet harus wangi dan bersih.

8. Setelah melakukan "bedding" atau "making bed", lanjutkanlah untuk melakukan pembersihan kamar mandi. (Dalam melakukan pembersihan kamar mandi, lakukan dengan teknik atau metode "clock wise")

9. Selesai dalam melakukan pembersihan kamar mandi, lakukanlah pelengkapan towel dan guest amenities yang dibutuhkan kedalam kamar mandi tersebut.

10. Jika sudah selesai dalam melakukan pembersihan kamar mandi, mulailah untuk men-dusting segala macam furniture atau perabot yang terdapat dalam kamar tersebut. (Dalam men-dusting segalam macam furniture dikamar, dapat juga dilakukan dengan metode "clock wise", dimulai dari depan pintu masuk sampai bertemu di depan pintu masuk tersebut.)

11. Selesai dalam melakukan dusting segala macam furniture yang ada dikamar, hal yang dilakukan selanjutnya adalah melakukan pelengkapan untuk guest supplies yang disesuaikan dengan standar yang terdapat di hotel tersebut.

12. Jika selesai melengkapi guest supplies yang dibutuhkan, lakukanlah "re-setup" untuk segala macam benda-benda elektronik yang terdapat dalam kamar tersebut.
Contoh : AC, Televisi, Lampu, dll.

13. Vacuum kamar tersebut untuk membersihkan karpet ataupun lantai yang terdapat dalam kamar tersebut.

14. Lakukanlah "final check" atau bisa disebut dengan memeriksa kembali segala macam kelengkapan yang dibutuhkan untuk kamar tersebut dan untuk kebersihan nya.(dilangkah ini juga bisa melakukan penyemprotan deodorizer atau pewangi untuk kamar jika dibutuhkan)

15. Setelah selesai semua, isi keterangan-keterangan yang ada dan dibutuhkan dalam worksheet yang kita punya, tutup pintu kamar dan mulailah untuk pembersihan kamar berikutnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar